Widget HTML Atas

Perbedaan Kertas Karton Dan Manila

Perbedaan Kertas Karton Dan Manila

Apa sebenarnya perbedaan kertas karton dan manila. Untuk persamaannya dulu, persamaan kertas karton dan manila adalah, keduanya adalah sama sama kertas yang memiliki ketebalan di bandingan dengan kertas yang biasa kita gunakan untuk menulis. Untuk perbedaanya sendiri antara kertas karton dan manila dapat kita lihat di bawah ini.

Apa Yang Menjadi Perbedaan Kertas Karton Dan Manila?

Kertas karton yang kita kenal adalah kertas yang memiliki ketebalan dan gramasi yang berbeda dengan kertas lainnya contonya kertas tulis. Untuk gramasi karton sendiri adalah 200gsm. Sedangkan untuk kertas manila sendiri merupakan kertas yang di buat dari serat manila yaitu serat batang pisang manila. Dan memiliki beberapa jenis gramasi yang hampir sama dengan gramasi kertas karton.

Perbedaan yang lebih mendalam lagi adalah kertas manila memiliki pilihan warna yang lebih beragam. Di bandingkan dengan kertas lain kertas ini memiliki ketebalan dan ketahanan yang lebih baik. Untuk gramasinya sendiri kertas manila ini memiliki gramasi yang populer di gunakan adalah 160gsm, 220gsm dan 250gsm. Untuk di dunia percetakan sendiri kertas manila biasa di sebut dengan kertas sertifikat. Biasa di gunakan untuk sertifikat yang masih di kosongkan untuk di tanda tangani. Dan bisa juga di gunakan untuk kartu undangan dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Untuk kertas karton yang memiliki gramasi 200gsm biasa di gunakan sebagai paper bag ataupun box kemasan. Karena kertas ini cukup ringan dan kuat sehingga dapat dengan mudah di potong dan di bentuk sesuai dengan yang kita inginkan.

Kesimpulan 

Untuk yang masih bertanya apa bedanya kertas karton dan kertas manila? keduanya memiliki perbedaannya masing masing, dalam bahan, warna, maupun kegunaan dan fungsinya. Walaupun keduanya memiliki gramasi yang hampir sama.

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Kertas Karton Dan Manila"