Widget HTML Atas

Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya

Dalam proses membangun rumah atau bangunan, banyak hal yang harus di lakukan dan di pertimbangkan. Semua tergantung dari niat dan keinginan kita dengan hasil yang ingin kita dapatkan. Rumah atau bangunan yang akan di bangun tentu saja memiliki rancangan rencana atap. Dan bentuk atap yang akan di gunakan tergantung dari si pemilik rumah. Ada atap limas, ada atap pelana, dan lain lain. Dibawah ini kita akan membahas tentang rencana atap pelana.

Komponen Atap Dan Penjelasannya

Atap sendiri memiliki tiga komponen penyusunnya yaitu:
  1. Struktur atap atau yang biasa di sebut dengan rangka atap dan penopang rangka atap.
  2. Penutup atap atau biasa di sebut dengan genteng, polikarbonat
  3. Pelengkap atap atau talang yang vertikal maupun horizontal serta lisplang

Struktur Rencana Atap Pelana

Atap pelana memiliki dua bidang atap yang bertemu pada satu garis yang biasa kita sebut bubungan. Karena bentuknya yang sederhana maka atap pelana banyak di gunakan untuk rumah dan bangunan yang sederhana juga. Rumah atau bangunan dengan atap pelana dapat kita temukan di mana mana, di jawa barat, jawa timur, jawa tengah banyak rumah atau bangunan yang menggunakan bentuk atap pelana ini.

Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya

Struktur atap merupakan bagian dari bangunan yang menahan atau mengalirkan beban dari atap. Struktur atap sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu Rangka atap dan penopang rangka atap. Rangka atap sendiri berfungsi sebagai penahan beban dari atap itu sendiri.

Yang biasanya berupa susunan dari balok balok dan reng secara vertikal serta horizontal. Berdasarkan posisi inilah maka ada istilah seperti reng, kasau, dan gording. Susunan rangka atap inilah yang menjadikan bentuk atap tercipta. Sebagai contoh denah rencana atap pelana ataupun rencana atap limas. Di bawah ini adalah contoh gambar rencana atap pelana kayu.

Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya
Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya
Rencana Atap Pelana
Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya

Penutup Atap

Merupakan bagian dari atap yang berfungsi menutupi atap secara menyeluruh, sehingga tercipta ambang atas yang membatasi kita dengan alam luar. Banyak pilihan yang dapat kita gunakan sebagai penutup atap. Semua memiliki sifat dan bentuk yang berbeda. 

Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya

Namun ada hal yang harus kita pertimbangkan yaitu, keawetan material terhadap cuaca seperti panas, hujan, angin. faktor kedua adalah berat material, jangan sampai beratnya membebani rangka atap dan struktur dari bangunan. Dan faktor lainnya adalah kecocokan dengan bangunan, apakah bangunan menjadi lebih bagus dan indah.

Komponen Pelengkap

Pada elemen pelengkap pada atap, bukan hanya berfungsi struktural melainkan juga estetis. Apa saja elemen pelengkapnya adalah:
  • Talang
  • Lisplang
Untuk rencana atap pelana sendiri di Indonesia cukup banyak bangunan yang menggunakan jenis ini contohnya saja adalah bangunan sekolah maupun bangunan kantor dan yang lainnya. Jenis atap ini paling banyak digunakan karena sangat baik di dalam mengalirkan air hujan dan baik pula dalam meredam panas.

Tidak ada komentar untuk "Rencana Atap Pelana Dan Strukturnya"